Forum Kabaena™

Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Latest topics

» HDD External New
4 Etika Menulis Email Profesional yang Penting Diperhatikan EmptyFri Jun 10, 2022 5:19 pm by dodolan

» Buah - Varau
4 Etika Menulis Email Profesional yang Penting Diperhatikan EmptyThu Dec 24, 2020 12:09 pm by kabaena

» 41 Istilah Pendakian
4 Etika Menulis Email Profesional yang Penting Diperhatikan EmptyWed Jan 23, 2019 11:19 am by kabaena

» Kabaena Kampo Tangkeno
4 Etika Menulis Email Profesional yang Penting Diperhatikan EmptySat Oct 27, 2018 9:36 am by kabaena

» 5 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh
4 Etika Menulis Email Profesional yang Penting Diperhatikan EmptyFri Oct 26, 2018 11:17 am by fla

» Berapa biaya sewa pesawat pribadi atau helikopter?
4 Etika Menulis Email Profesional yang Penting Diperhatikan EmptyWed Oct 24, 2018 10:05 am by fla

» Cara menggunakan 1 akun WhatsApp di 2 smartphone android
4 Etika Menulis Email Profesional yang Penting Diperhatikan EmptyFri Oct 12, 2018 7:32 am by kabaena

» Cara Mudah Membuka Proteksi Password Microsoft Office Excel Tanpa Software
4 Etika Menulis Email Profesional yang Penting Diperhatikan EmptyWed Sep 12, 2018 10:42 am by kabaena

» Serial Number NERO 6
4 Etika Menulis Email Profesional yang Penting Diperhatikan EmptyMon Sep 10, 2018 9:36 am by kabaena

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    4 Etika Menulis Email Profesional yang Penting Diperhatikan

    tulanggadi
    tulanggadi


    Jumlah posting : 684
    Join date : 07.07.11

    4 Etika Menulis Email Profesional yang Penting Diperhatikan Empty 4 Etika Menulis Email Profesional yang Penting Diperhatikan

    Post  tulanggadi Thu Aug 20, 2015 10:05 am

    4 Etika Menulis Email Profesional yang Penting Diperhatikan 549376957

    Menulis email kepada rekan, bos, atau klien mungkin merupakan tugas Anda dalam keseharian. Namun belum tentu Anda sudah mengetahui bagaimana etika menulis email profesional yang tepat. Meski terdengar sepele, memperhatikan penggunaan kata, tanda baca, atau tata bahasa yang baik ketika menyurati kolega adalah tindakan yang perlu dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa tampak lebih profesional dan dihormati. Inilah empat etika penting dalam menulis email terkait kerja yang perlu diperhatikan:

    1. Sesuai dengan Subjek Email
    Majalah Harvard Business Review (HBR) menyarankan bahwa hal pertama yang harus diperhatikan dalam menulis email profesional adalah subjek email. Sebaiknya subjek email dibuat ringkas namun cukup deskriptif. Demi menyita perhatian penerima, gunakan pula bahasa yang menarik.

    Kemudian pastikan jenis huruf email Anda adalah Arial, Helvetica atau Verdana warna hitam. Huruf-huruf tersebut dianggap jelas dan mudah dibaca. HBR juga mengatakan bahwa tidak menggunakan lebih dari tiga jenis huruf dalam satu tulisan juga merupakan etika menulis email yang baik.

    2. Aturan Penggunaan Emoticon
    Banyak pegawai yang bingung apakah mereka bisa menggunakan emoticon ketika menulis email ke perusahaan, rekan, atasan, atau klien. Menurut HBR, hal tersebut diperbolehkan asalkan si penerima juga melakukan hal yang sama.

    Selain emoticon, para pekerja juga sering menghindari adanya typo atau salah ketik ketika mengirim email penting. Namun HBR mengatakan jika kadang-kadang para manajer level atas kerap membiarkan typo dalam email mereka agar terlihat otentik dan tidak terlalu terstruktur. Namun jangan pula secara sengaja membiarkan typo terlalu parah sehingga menyalahi etika menulis email yang profesional.

    3. Perhatikan Tata Bahasa
    Tata bahasa bisa menunjukkan kepandaian seseorang. Untuk itu, banyak karyawan memastikan tata bahasa yang mereka gunakan tepat ketika menulis email kantor. Hal tersebut memang penting dilakukan agar pesan yang ingin disampaikan tidak salah. Untuk itu, disarankan agar para pegawai menulis email profesional yang singkat dan rapi. Susun pula kalimat-kalimat Anda ke dalam paragraf yang tidak terlalu panjang.

    4. Baca Ulang
    Agar Anda tidak menyalahi aturan menulis email kerja, baca lah ulang tulisan sebelum dikirim. Jika perlu, kirim tulisan tersebut kepada seorang rekan untuk diperiksa terlebih dahulu. HBR pun menyarankan agar Anda berbicara secara langsung atau melalui telepon jika memungkinkan. Dengan begitu pesan yang akan disampaikan akan lebih jelas, terlebih bila itu berhubungan dengan konflik atau berita buruk.


      Waktu sekarang Fri May 17, 2024 6:59 pm