Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Latest topics

» Kabaena Kampo Tangkeno
Sat Oct 27, 2018 9:36 am by kabaena

» 5 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh
Fri Oct 26, 2018 11:17 am by fla

» Berapa biaya sewa pesawat pribadi atau helikopter?
Wed Oct 24, 2018 10:05 am by fla

» Cara menggunakan 1 akun WhatsApp di 2 smartphone android
Fri Oct 12, 2018 7:32 am by kabaena

» Cara Mudah Membuka Proteksi Password Microsoft Office Excel Tanpa Software
Wed Sep 12, 2018 10:42 am by kabaena

» Serial Number NERO 6
Mon Sep 10, 2018 9:36 am by kabaena

» Apa itu Cloud Mining
Sat Sep 08, 2018 7:20 pm by kabaena

»  Daftar Stasiun Kereta Api di JABODETABEK
Mon Jul 23, 2018 4:24 pm by kabaena

» Mencicipi empuknya sate tempo dulu
Fri Jul 13, 2018 2:32 pm by vaipode

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Tips Agar Cursor atau Pointer Mouse Muncul di Printscreen

    Share
    avatar
    kabaena

    Jumlah posting : 304
    Join date : 19.08.11
    Age : 33

    Tips Agar Cursor atau Pointer Mouse Muncul di Printscreen

    Post  kabaena on Fri Nov 15, 2013 9:33 am

    Fasilitas print screen layar komputer sangat berguna untuk berbagai keperluan diantaranya adalah untuk membuat suatu tutorial. Namun sayangnya bila menggunakan tombol print screen di komputer, cursor atau pointer mouse tidak tercapture dalam gambar.


    Gambar diatas yang merupakan hasil print screen biasa, tidak terlihat pointer mouse-nya. Misalnya saya ingin membuat tutorial tentang navigasi di Kompasiana, akan lebih informatif bila dapat menyajikan gambar pointer mouse yang menunjuk menu “Berita”. Hasil dari printscreen biasa hanya menampilkan menu “Berita” yang berubah warna menjadi putih karena sedang dituju oleh pointer mouse. Hal ini memang dikarenakan bawaan dari Windows (atau juga Mac?) yang tidak bisa mencapture pointer mouse saat menekan tombol print screen.
    Solusi untuk menampilkan cursor atau pointer mouse dalam print screen adalah menggunakan aplikasi atau software dari pihak ketiga. Saya menggunakan software Gadwin PrintScreen yang tidak berbayar alias gratis, karena ada juga versi profesional yang berbayar dengan fasilitas yang lebih lengkap. Namun untuk keperluan memunculkan cursor atau pointer mouse pada hasil print screen software Gadwin PrintScreen yang gratis sudah sangat membantu. Hasil dari print screen dengan software ini sebagaimana gambar di bawah.


    Menggunakan Gadwin PrintScreen relatif mudah, setelah diinstal di komputer, akan muncul tray icon di taskbar. Klik dua kali icon tersebut maka akan muncul menu-menu untuk mensetting penggunaannya. Secara default akan muncul menu-menu sebagaimana gambar.


    Informasi penting dalam settingan awal Gadwin PrintScreen pada menu utama “Preferences” yaitu “Hot Key:” yang menunjukkan bahwa pengcapturan terjadi dengan menekan tombol printscreen. “Hot Key:” dapat diganti dengan tombol-tombol lain sesuai pilihan yang disediakan seperti tombol F1, F2 atau kombinasi beberapa tombol. Pastikan juga pada menu utama “Source” telah dicentang kotak pilihan “Capture Mouse Cursor”


    Untuk mengcapture apa yang tersaji di layar monitor cukup tekan tombol “Print Screen” maka akan muncul windows baru seperti gambar berikut:


    Sesuaikan besarnya gambar yang akan dibuat dengan menyesuaikan besarnya zoom. Pilih menu Continue Output untuk menyimpan gambar, Cancel Output untuk membatalkan dan Change Destination untuk mengubah tempat penyimpan gambar yang defaultnya berada di Libraries/Documents/PrintScreen Files.

    Software Gadwin PrintScreen dapat diunduh pada alamat situs http://gadwin.com/download. Hasil unduhan berupa file terkompresi (.zip), tinggal diekstrak lalu klik dua kali file PrintScreen47_Setup.exe untuk melakukan instalasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Salam.


    sumber: amirsyah - kompas


      Waktu sekarang Thu Dec 13, 2018 9:52 am